Kata Bijak Kehidupan »

| No Comment | 6,703 views

Seorang profesor filsafat berdiri di depan kelas dengan beberapa item yang diletakan di atas meja di depannya. Saat kelas dimulai, tanpa kata-kata ia mengambil sebuah toples mayones yang sangat besar dan kosong, dan terus mengisinya …

Read the full story »
Kata Bijak Kehidupan
Kata Motivasi
Kata Romantis
Kisah Sukses
Motivasi Sukses
Home » Kata Bijak Kehidupan

Hal Yang Terpenting Dalam Hidup

Submitted by No Comment | 6,703 views

kehidupan pentingSeorang profesor filsafat berdiri di depan kelas dengan beberapa item yang diletakan di atas meja di depannya. Saat kelas dimulai, tanpa kata-kata ia mengambil sebuah toples mayones yang sangat besar dan kosong, dan terus mengisinya dengan beberapa batu berdiameter 2 inci.

Ia kemudian bertanya kepada para siswanya apakah toples itu sudah penuh. Para siswa sepakat bahwa toples tersebut sudah penuh.

Lalu profesor mengambil sekantong batu kerikil dan menuangkan ke dalam toples. Ia mengguncang toples tersebut dengan pelan. Kerikilnya langsung meluncur ke daerah terbuka di antara bebatuan yang sebelumnya telah dimasukan.

Ia kemudian bertanya lagi kepada siswa apakah toples itu sudah penuh. Para siswa sepakat bahwa toples tersebut sudah penuh.

Sang profesor mengambil sekotak pasir dan menuangkannya ke dalam toples. Tentu saja, pasir mengisi semua ruang kosong dalam toples tersebut. Ia┬ákemudian bertanya lagi apakah toples itu sudah penuh. Para siswa menjawab dengan suara bulat “Ya.”

“Sekarang,” kata sang profesor, “Saya ingin kalian memahami bahwa toples ini mewakili kehidupanmu. Bebatuan merupakan hal penting – keluarga Anda, pasangan Anda, kesehatan Anda, anak-anak Anda – semua hal yang jika segalanya hilang, hanya mereka yang akan tetap ada, sehingga hidup Anda akan selalu tetap penuh.

Kerikil adalah hal-hal lain yang penting – seperti pekerjaan Anda, rumah Anda, mobil Anda.

Pasir adalah segala sesuatu yang lain. Hal-hal kecil.

“Jika Anda pertama kali meletakkan pasir ke dalam toples,” lanjutnya “tidak akan ada ruang untuk kerikil atau batu untuk masuk ke dalamnya.” Hal yang sama berlaku untuk hidup Anda.

motivasibijak

Jika Anda menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda untuk hal-hal yang kecil, Anda tidak akan memiliki ruang untuk hal-hal yang terpenting dalam kehidupan Anda. Dedikasikan waktu dan energi Anda untuk hal-hal yang sangat penting untuk kebahagiaan Anda. Bermainlah dengan anak-anak Anda. Ajak pasangan Anda untuk berdansa. Akan selalu ada waktu untuk pergi bekerja, membersihkan rumah, berpesta, dan memperbaiki rumah atau mobil Anda.

Jagalah batu pertama – hal-hal yang benar-benar penting. Tetapkan prioritas Anda. Sisanya hanyalah pasir.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.